Pencanangan kampung KB desa Mambak Tahun 2018


Jepara – Bertempat Balai Desa Mambak kecamatan Pakisaji Kabupaten Jepara, Danramil 09/Mlonggo yang di wakili oleh Serda Sugeng bersama Babinsa desa Mambak Serda Masrom menghadiri acara Pencanangan Kampung KB Rw IV Desa Mambak yang di hadiri sekitar 80 orang, Kamis (19/07/2018). dan juga dihadiri oleh kapolsek pakis aji iptu sumardi dan babinkamtibmas pakis aji Brig Adhi wibowo.
Sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016, Kampung KB terus tumbuh pesat. Semangat membentuk dan mendirikan Kampung KB di seluruh Nusantara telah menghasilkan ratusan Kampung KB.
Kampung KB, kedepannya akan menjadi ikon program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).
Kampung  KB  merupakan  Satuan  wilayah  setingkat  RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program KKBPK yang dilakukan secara sistemik dan sistematis.
Kampung KB ini dibentuk, ada beberapa hal yang melatar belakanginya, yaitu :(1) Program KB tidak lagi bergema dan terdengar gaungnya seperti pada era Orde Baru, (2) Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. (3) Penguatan program KKBPK yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat, (4) Mewujudkan cita-cita pembangunan Indonesia.(5) Mengangkat dan menggairahkan kembali program KB guna menyongsong tercapainya bonus demografhi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala DP3AP2KB Kabupaten Jepara Ir Inah Nuroniah M Si, Camat Pakisaji Bapak Naryono SIP MM, Muspika Pakisaji atau yang mewakili, Ketua PKK kecamatan Pakisaji, Petinggi desa Mambak beserta Perangkat, Seluruh Petinggi Desa se-kecamatan Pakisaji, Toga Toda Tomas Desa Mambak, Ketua Rt Rw se-Desa Mambak dan Segenap Tamu undangan.

Dalam Sambutan Petinggi Desa Mambak Bapak Hadi prayitno menyampaikan Ucapan selamat datang kepada para tamu undangan di Balai Desa Mambak. Ds Mambak merupakan bagian dr kecamatan pakis aji yang letaknya terpencil, Tujuan dan maksud dr kampung KB untuk mendukung program pemerintah 2 anak cukup yang di fokuskan di Rw 4 di karenakan jumlah penduduknya sangat padat, peserta KB Rw 04 259 KK dengan wanita presentasi 60% yang mengikuti KB dan peserta KB pria presentasi baru 1%.

Camat Pakisaji dalam kesempatan ini menyampaikan Ucapan terimakasih atas kehadiran para tamu undangan, Desa Mambak bukan desa terpencil melainkan desa paling rame se-kecamatan Pakis aji, Dengan di resmikan kampung KB di harapkan tidak sekedar seremoni saja atip ada tindak lanjutnya yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat khususnya desa Mambak.
Kampung KB menjadi program inovatif yang strategis dalam mengejawantahkan program KKBPK secara paripurna di lapangan. Pasalnya, Kampung KB menjadi model atau miniatur pembangunan yang melibatkan seluruh sektor di masyarakat.
Sementara Sambutan ketua DP3AP3KB antara lain Dengan adanya program pencanangan kampung KB semoga bisa bermanfaat khususnya warga desa Mambak, Pencanangan kampung KB adalah program yg sangat strategis krn langsung turun ke tingkat bawah yaitu keluarga, dengan adanya KB berharap pertumbuhan penduduk dapat di minimalkan, Di Jepara kasus pernikahan dini dan percerian sangat tinggi, jangan sampai terjadi lagi anak masih di bawah usia menikah, masih di bawah umur sudah punya anak jadi anak-anakan, Dan di harapkan dari kampung KB ini faktor pernikahan dini dapat di kurangi, Di harapkan salah satu kampung KB di Jepara bisa tinggkat nasional.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan